88 Persen Wanita di Atas 50 Tahun Tak Suka dengan Tubuhnya | TOPAZ 88 Persen Wanita di Atas 50 Tahun Tak Suka dengan Tubuhnya - TOPAZ

88 Persen Wanita di Atas 50 Tahun Tak Suka dengan Tubuhnya


Seiring dengan pertambahan usia, beberapa bagian tubuh akan mengalami berbagai macam perubahan. Perubahan ini seringkali menimbulkan penurunan kepercayaan diri, terutama bagi wanita. Terbukti dari hasil sebuah survei yang menyatakan bahwa 88 persen dari wanita yang berusia di atas 50 tahun tak puas dengan kondisi tubuh mereka saat ini.


Survei ini dilakukan pada 1.700 wanita di atas usia 50 tahun di Amerika Serikat. Hasilnya ditemukan bahwa hanya ada sekitar 12 persen saja yang sampai di usia tuanya masih puas dengan ukuran dan bentuk tubuh mereka. Padahal sebagian besar dari 88 persen wanita tersebut memiliki indeks massa tubuh (IMT)
yang normal. Rata-rata IMT mereka berada di angka 21,4 (dari angka normal rata-rata 18,5-24).


Survei tersebut juga menemukan bahwa 12 persen wanita yang menyatakan kepuasannya berusaha keras untuk menjaga tubuhnya tetap langsing. Mereka berolahraga rata-rata sekitar 5 jam seminggu, jumlah ini sekitar 2 jam lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang tak puas dengan tubuh mereka. Selain itu, mereka juga lebih rutin menimbang berat badannya sendiri di rumah, setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

"Ini merupakan proses aktif dan penuh perjuangan bagi mereka," ujar penulis studi, Cristin Runfola, seorang peneliti di UNC Center for Excellence for Eating Disorders, University of North Carolina, Chapel Hill, AS, seperti dilansir News Max health, Rabu (23/10/2013).

Hasil lainnya, 40 persen dari mereka yang puas akan tubuhnya mengakui bahwa kenaikan berat badan sebanyak 2 kg saja sudah membuat mereka sangat gelisah. Selain itu, lebih dari 50 persen wanita mengaku tidak suka dengan bagian tertentu seperti perut atau wajah. Sementara lebih dari 70 persen mengatakan mereka tidak suka dengan kulit mereka.

Namun beragamnya hasil survei ini ditanggapi oleh Joan Chrisler, seorang profesor psikologi di Connecticut College, New London. Chrisler telah menghabiskan karirnya meneliti psikologi berat badan dan gangguan makan pada wanita. Ia kemudian memberikan tips agar tetap percaya diri bagi wanita saat usia semakin bertambah:

1. Fokus pada kesehatan, bukan pada berat badan                                                                                                   Yang penting menurut Chrisler adalah tetap jaga asupan makan, rutin olahraga, dan cukup tidur. Selain itu, bisa juga rutin melakukan pijatan ringan dan melembabkan kulit dengan losion.

2. Menonton film Perancis dan Jepang

Chrisler menyatakan bahwa dengan menonton film dari kedua negara tersebut, maka Anda akan melihat banyak wanita yang juga sudah memiliki usia senja, tak selalu kurus, namun tetap sehat.

3. Hindari majalah mode

"Majalan ini penuh dengan gambar wanita muda dan mereka mengenakan pakaian yang tidak terlihat baik pada wanita yang lebih tua," kata Chrisler.

4. Jangan menganggapnya sebagai kegagalan pribadi

Menurut Chrisler, wanita memang akan mengalami kenaikan berat badan pada setiap fase tertentu dalam hidupnya. Sebab mereka melewati proses haid, melahirkan, dan menopause.

Studi ini telah dipublikasikan secara online dalam Journal of Women & Aging.   
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011-2023. TOPAZ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger